Seribu Pesona Ekowisata di Lereng Semeru

Yayasan Pengembang Kreatifitas Generasi Muda Lumajang selama dua dekade telah berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat petani di kawasan lereng semeru melalui Program Pertanian Berkelanjutan (PB). Besarnya potensi kawasan lereng semeru dengan kekhasan keanakeragam flora fauna dan Kearifan Lokal menguatkan tekad YPKGM Lumajang untuk mulai fokus dalam mengelola dan mengembangkan sebuah Ekowisata Lereng Semeru yang berbasis Pertanian Berkelanjutan.

03 Juli, 2009

Pusungkejen Yang Menawan Hati


Pusungkejen merupakan sebuah dusun pemukiman ‘komplangan’ di Desa Pasrujambe. Berbatasan langsung dengan kawasan hutan perhutani, areal ini menawarkan keindahan alam sekaligus nuansa kebersahajaan penduduknya. Inilah kawasan yang benar-benar pas dengan istilah ‘kembali ke alam’. Alam dengan segala keluguannya membentang dengan pucuk-pucuk daun dari pohon-pohon hutan yang menjulang tinggi, ditingkahi kicau burung liar dan deretan gubuk-gubuk petani ‘ndarung’ semi permanen.


Pagi adalah waktu terindah, ketika matahari mengintip dari balik pepohonan dengan sinarnya yang menyehatkan. Angin semilir menyejukkan menjadi semacam terapi jiwa bagi pekerja-pekerja yang setiap saat berkutat dengan rutinitas kerjanya yang membosankan. Kembali ke alam akan menjadi penyuci jiwa yang teramat dahaga bagi kaum urban dan eksekutif yang setiap hari dunianya hanya komputer, data, fulpen atau berkas-berkas yang mengernyitkan kening.

Ingin mendengar secara langsung dengan telinga sendiri gemercik air nun jauh di bawah sana, yang mengalir perlahan di antara batu-batu kali yang licin dan akar-akar semak belukar yang menjalar ke sana ke mari? Rasakan sensasinya, kesunyian dan kesenyapan di antara pucuk-pucuk daun kopi dan kembang-kembang kopi yang menyedot gairah keliaran. Berjalanlah di jalan setapak dengan kaki telanjang, rasakan ketika tapak kaki itu menyentuh tanah. Rasakan energi positifnya kemudian bawa naik ke atas sampai ke ubun-ubun.

Biarkan alam memanjakan kita dengan segala pesonanya. Betapa harmonisnya ketika aura pedesaan itu bersinergi dengan kepasrahan diri kita untuk menjadi apa adanya. Cobalah telusuri aliran sungai itu, Kalipring yang jernih di bawah rimbunan pohon-pohon bambu. Pejamkan mata sebentar dan biarkan alam mengatur segalanya. Senyum itu seketika akan mengembang di bibir dan mengendap jauh ke dalam kubuk hati kita.

POS Peristirahatan Tracking dan Hiking

Lokasi : Lahan P. Komar

Kawasan Pusungkejen Ds. Pasrujambe


POTENSI

· Aliran Sungai Kalipring (sepanjang musim)

· Tempat Istirahat

· Kebun Kopi


Comments :

0 komentar to “Pusungkejen Yang Menawan Hati”


Posting Komentar