Seribu Pesona Ekowisata di Lereng Semeru

Yayasan Pengembang Kreatifitas Generasi Muda Lumajang selama dua dekade telah berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat petani di kawasan lereng semeru melalui Program Pertanian Berkelanjutan (PB). Besarnya potensi kawasan lereng semeru dengan kekhasan keanakeragam flora fauna dan Kearifan Lokal menguatkan tekad YPKGM Lumajang untuk mulai fokus dalam mengelola dan mengembangkan sebuah Ekowisata Lereng Semeru yang berbasis Pertanian Berkelanjutan.

03 Juli, 2009

Rumah Kreatif dan Pabrik Kopi Mini

Kecil itu indah. Small is beautifull. Sukses tidak selalu berpenampilan besar dan hebat, tetapi bisa juga diawali oleh hal-hal yang kecil dan sepele. Paradigma demikian menjadi motivasi bagi penggiat dan pekerja sosial yang senantiasa berkutat untuk mengemban misi mencerdaskan dan meningkatkan kualitas manusia. Tema-tema seperti pengangguran, keterpurukan, kegagalan bekerja dan semacamnya itu menjadi input bagi sekelompok pekerja sosial yang bermarkas persis di belakang Kantor Kejaksaan Lumajang itu.

Sebuah rumah yang cukup mewakili keberadaan misi sosial tersebut menjadi pintu masuk bagi segala kesuntukan kehidupan. Rumah yang digagas sebagai ‘kawah candradimuka’ ini menawarkan solusi sederhana tetapi tepat yang dikemas dalam perpaduan pelatihan dan rekreasi wisata. Rumah ini memang terbuka untuk umum, khususnya bagi mereka yang ingin memperluas cakrawala berpikirnya dan ingin mengembangkan bisnisnya untuk menjadi manusia yang mandiri dengan berbagai ketrampilan yang dimilikinya.

Pengunjung bukan hanya disuguhi dengan secangkir kopi robusta produk local yang alami tetapi bisa praktik langsung untuk belajar bagaimana meracik kopi dan lebih penting lagi adalah belajar memproduksi kopi kemasan sampai siap jual di pasaran. Kopi hanya salah satu komoditas itu, disamping prosesing sejumlah tumbuhan toga yang bermanfaat bagi kesehatan. Pengunjung akan dibimbing oleh beberapa orang tutor yang berpengalaman di bidangnya.

Inilah pabrik mini yang memadukan konsep wisata dan bisnis, di dalamnya pengunjung akan memperoleh sejumlah keuntungan dan informasi berharga. Disamping pelatihan-pelatihan, pabrik mini juga dilengkapi dengan akses internet seluas-luasnya dan taman bacaan masyarakat yang dilengkapi dengan ratusan judul buku untuk semua kalangan masyarakat.

Rumah ini juga menjadi tempat transit yang nyaman bagi pengunjung sebelum melanjutkan rute wisatanya ke tempat-tempat yang lebih eksotik dan romantis.



POS 1
Sekretariat YPKGM Lumajang
Sekretariat :
Jl. Arjuna 35 F Lumajang
Telp. (0334) 893883
e-mail : ypkgm_tempeh_lumajang@yahoo.co.id
Website :
http://ypkgmlumajang.blogspot.com

POTENSI
  • Pabrik Mini Kopi Bubuk (Semeru Creative)
  • Pusat Pelatihan Produk UKM
  • Fasilitas Packing Produk UKM
  • Informasi pasar
  • Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
  • Pengolahan Toga Instan
  • Media Informasi (Internet Gratis)
  • Brosur Wisata Alam PB
  • Mitra Bening Rent Car

Comments :

3 komentar to “Rumah Kreatif dan Pabrik Kopi Mini”

Boleh kami minta arah petunujk untuk mencapai spot ini?

salam
http://www.joglotourandtravel.com

joglo mengatakan...
on 

Maaf peta lokasi belum terupload untuk jelasnya silahkan jangan sungkan-sungkan menghubungi kontak person dengan nama beserta nomor yang tertera pada bagian sidebar blog ini...trimakasih atas atensinya

Semeru Creative - YPKGM Lumajang mengatakan...
on 

apakaha da mesin kopi yang sederhana untuk mengolah kopi ..??
dan kalau ada , berapa harganya..?
dan dari mana bisa dibeli..?
terimakasih

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar